Pengalaman Jualan di Shopee, Lapak Jualannya Anak KPopers

Pengalaman Jualan di Shopee, Lapak Jualannya Anak KPopers

Berawal dari keinginan untuk menjual album cd yang nggak ingin saya simpan lagi alias kelebihan beli, bahkan saya ada niat untuk memberikannya kepada orang lain, tapi akhirnya malah saya jual dengan harga miring, dari sinilah akhirnya saya membuka toko online di Shopee ;)

Shopee adalah sebuah aplikasi yang bergerak dibidang jual beli secara online dan dapat diakses di smartphone dengan mudah dan cepat. Bisa juga diakses melalui personal computer atau laptop. Shopee (secara keseluruhan) sendiri mengklaim bahwa mereka merupakan platform online shopping terbaik di Asia Tenggara & Taiwan.

Pengalaman Jualan di Shopee

Saya dengan confident-nya bilang Shopee merupakan lapak jualan anak KPopers (kebanyakan ya, bukan semua) karena itu adalah kenyataan yang saya lihat. Ketika saya mencari album unsealed atau photocard idola saya, Shopee ini adalah surganya. Saya sudah cari dengan keyword yang sama di marketplace lain, tetapi hasilnya tidak sebanyak yang saya temukan di Shopee.

Salah satu daya tarik Shopee ini adalah program gratis ongkir mereka dan pada kenyataannya salah satu brand ambassador Shopee ini adalah KPop girlgroup ternama, yaitu BLACKPINK. Saya pikir salah satu target Shopee ini memang KPopers atau orang yang berjualan hal-hal berbau KPop seperti album & KPop goods, karena saya pikir orang-orang yang berjualan album KPop itu belum tentu seorang KPopers ;p bisa saja kan dia cuma memanfaatkan peluang yang ada & itu sah-sah saja.

Alasan berjualan di Shopee

Album KPop yang saya jual cuma dua buah kog ;p kebetulan idola saya akan merilis album baru, jadi saya pikir daripada keluar duit lagi (misqueen detected), saya mau jual album lama mereka karena kemaren saya beli lebih dari satu, untuk memperbesar peluang saya dapat cover member yg saya sukai.

Halaman depan aplikasi Shopee

Awalnya saya nggak mau pakai marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dll untuk menjual album secara uangnya pasti ditahan dulu kan sama mereka sebelum pembeli menerima orderan. Saya pengennya yg direct aja, anda order, transfer ke rekening saya trus saya kirim barangnya gitu.

Iseng, saya coba cari toko yang buka pre-order album baru idola saya tsb, kebetulan ada di Shopee. Nah dari sini saya niat buka toko online di Shopee karena alasan ini :
Saya pikir uang hasil penjualan akan masuk ke ShopeePay (fitur layanan dompet & uang elektronik yang dapat digunakan sebagai alternatif metode pembayaran di platform Shopee) dan bisa digunakan untuk membeli barang lagi di Shopee, jadi gak ribet lagi buat transfer kan, tapi ternyata SALAH BESAR. Uang hasil penjualan di Shopee akan masuk ke Saldo Penjual (ada section tersendiri, di dashboard toko kita, bukan dashboard saat kita menjadi pembeli).
Saldo Penjual tidak bisa dimasukkan langsung ke ShopeePay (saat kita menjadi pembeli), cuma bisa dicairkan melalui rekening bank. Ya sudah karena saya terlanjur membuka toko online saya disana, saya teruskan saja dan apa yang saya dapat?!

Halaman toko online Shopee

Dalam kurun waktu 5 jam setelah saya upload produk saya, sudah ada dua orang yang menghubungi saya lewat chat untuk memastikan barang yang saya jual masih tersedia/available dan menanyakan kondisi produk lebih lanjut. Nggak ada promosi loh dan gak lama setelah saya balas chat mereka, mereka konfirmasi pembayaran dan produk yang saya jual habis? Eeeeeeh?!!!

Saya nggak nyangka loh bakal terjual secepat itu, mungkin faktornya ya nggak sepenuhnya karena saya jualan di Shopee, tapi sepertinya apa yang saya bilang di judul (kalau Shopee itu lapak jualannya anak KPopers) itu memang ada benarnya secara banyak KPopers yang hunting barang² idola mereka disini ;)

✿ Uang masuk ke Saldo Penjual

Seperti yang saya bilang diatas, dana penjualan di Shopee akan masuk ke section Saldo Penjual, bukan ke ShopeePay. Pada saat pembeli produk saya menyatakan dia sudah menerima barang tersebut dan menekan tombol pesanan diterima, dana yang ditahan Shopee langsung masuk ke Saldo Penjual dengan pemberitahuan/notifikasi. Jumlah seluruh penjualan muncul di samping meskipun saya nggak membuka Saldo Penjual saya secara langsung.

Saldo Penjual Shopee

Contoh section Saldo Penjual bisa dilihat gambar diatas. Saldo Penjual saya nominalnya sudah kosong atau Rp. 0,- karena dana hasil penjualan sudah saya tarik semua ;)

✿ Cara mencairkan dana penjualan di Shopee

Setelah dana penjualan pertama saya masuk di Saldo Penjual, saya coba mencairkan dana tersebut dengan memasukkan nomor rekening. Jika nomor rekening yang anda masukkan error, kemungkinan besar ada kesalahan antara nama pemilik, nomor atau bank yang tidak sinkron.

Jika data rekening yang anda masukkan sudah benar, tidak akan ada notifikasi error dan akan segera diperiksa oleh tim Shopee. Tidak sampai satu hari, data rekening saya sudah diperiksa (ada tulisan "Telah diperiksa") dan rekening tersebut sudah bisa dipakai untuk mencairkan uang penjualan, kurang lebih tampilannya seperti ini :

Contoh rekening bank Shopee

Shopee mengatakan bahwa penarikan dana hasil penjualan memerlukan waktu dua hari kerja. Jika dalam kurun waktu yang dijanjikan dana tersebut belum masuk ke rekening, silakan hubungi customer service Shopee ya ;)

For your information, rekening yang "Telah diperiksa" akan berganti menjadi "Telah diverifikasi" jika kita berhasil mencairkan dana hasil penjualan ke rekening bank kita yang sudah sukses dimasukkan tadi.

Contoh penarikan dana penjualan Shopee

Saya melakukan transaksi penarikan dana hasil penjualan pertama pada saat petang dan berhasil masuk ke rekening pada hari berikutnya (bisa dilihat di foto). Transaksi kedua saya lakukan pada siang hari dan tiga jam kemudian dana sudah masuk (bisa dilihat di foto). Dibawah ini bukti kalau dana Shopee sudah masuk ke rekening bank saya :

Transaksi dari Shopee

Overall, pengalaman yang saya dapat sangat baik, mulai dari mudahnya mengunggah foto dan mengedit info jualan, pelepasan dana ke Saldo Penjual sampai mencairkan dana hasil penjualan. Interface-nya juga sangat baik. Mungkin akan saya gunakan lagi jika saya ingin menjual album cd unsealed atau barang yang lain ;)

Untuk penjual, Shopee menyarankan untuk mengakses aplikasi mereka lewat PC untuk pengalaman yang lebih baik dengan mengakses Shopee Seller Centre. Saya mengelola toko saya menggunakan smartphone saja karena barang yang saya jual juga sedikit sekali.

Sekian pengalaman saya berjualan di Shopee, mungkin untuk prosedurnya kurang lengkap karena point postingan saya adalah pengalaman berjualan ya bukan bagaimana cara berjualan di Shopee (≧ڡ≦*)♡ See you in my next post, bye!!!

Binnalette
Binnalette in wonderland, made with