Mengisi Waktu Luang Dengan Membaca Line Webtoon ♥

Mengisi Waktu Luang Dengan Membaca Line Webtoon ♥

Hai, selamat malam. Saya baru saja "membersihkan" blog dari postingan yang tidak penting, yaitu postingan lirik lagu di blog ini sudah saya hapus dan beberapa halaman khusus. Masih ada postingan lirik IZ*ONE sih tapi sayang kalau dihapus karena ada terjemahan di dalam postingan tersebut. Saya ini hobinya posting lirik sih jadi setiap saya buat blog baru, pasti ada aja postingan lirik lagu.

Saya ingin fokus menulis di blog ini, maklum saya kalau ngomong langsung itu rada susah tapi kalau ketak-ketik di blog sih lumayan gampang. Lah terus apa hubungannya? Maksudnya, saya kan rada susah gitu kalau ngomong langsung, jadi saya mau mengasah kemampuan menulis saya, yah setidaknya skill menulis saya nggak buruk-buruk amat gitu loh eheheheheh :)

Line Webtoon

Di postingan kali ini saya mau bercerita betapa kidu nya saya karena baru mengenal yang namanya Webtoon. Membaca webtoon ini menjadi hobi baru saya. Saya sering menghabiskan waktu luang untuk membaca webtoon. Ada yang belum tau apa itu Webtoon? Webtoon (Hangeul : 웹툰) adalah jenis komik digital (komik yang diterbitkan di situs web) yang berasal dari Korea Selatan.

Awalnya webtoon ini nggak terlalu populer dikalangan internasional gaiss tetapi seiring berjalannya waktu, popularitas webtoon ini semakin besar. Selain gratis, cerita yang disuguhkan pun menarik. Bisa juga salah satunya karena ada aplikasi Line Webtoon kali yah. Kan enak banget tuh rebahan sambil pegang hape baca komik.

Saya disini spesifiknya akan membahas Line Webtoon karena saya bacanya kebanyakan disana. Mungkin kalau di negara asalnya bisa saja mereka memakai Daum Webtoon atau Naver Webtoon, tapi kalau di negara kita sudah pasti kebanyakan mengakses webtoon via Line Webtoon. Kenalan sama Line Webtoon yuk!

 Baca webtoon di Line Webtoon

Seperti yang sudah dijelaskan di situsnya, Line Webtoon adalah layanan di mana webtoon-webtoon terbaru dirilis secara terus-menerus menurut jadwal yang telah ditentukan oleh penulis komik yang sudah berlisensi. Layanan ini gratis loh. Episode-episode baru akan diunggah setiap minggu. Kamu bisa menggunakan layanan ini tanpa harus membuat akun.

Line Webtoon

Line Webtoon bisa diakses melalui PC maupun smartphone. Untuk PC, official website Line Webtoon adalah https://www.webtoons.com/, kalau mau ngakses via smartphone, tinggal buka Google Play atau AppStore-nya, terus cari Line Webtoon.

Line Webtoon ini tersedia dalam empat bahasa, yaitu bahasa Inggris, bahasa Indonesia, bahasa Thailand dan bahasa Mandarin. Nah, webtoon yang dirilis disetiap negara ini beda-beda gaiss, tapi sumbernya tetap dari webtoon Korea.

Jika kamu awalnya memakai bahasa Indonesia, tapi setelah itu kamu pindah bahasanya menjadi bahasa Inggris, webtoon yang tersedia juga akan berubah. Webtoon yang dirilis di Indonesia belum tentu tersedia di versi bahasa Inggris, terutama webtoon dari pembuat lokal sih.

 Layanan Line Webtoon ini GRATIS!

Yup, kamu bisa mengakses layanan ini tanpa harus membuat akun. Karena ini layanan gratis, jadi mereka menggunakan iklan tetapi tidak mengganggu kog. Saya sudah bilang kan kalau episode-episode baru akan diunggah setiap seminggu sekali, jadi harus nunggu nih, beraaaaat kan apalagi kalau ceritanya seru dan masih on-going. Untuk itu, ada layanan yang bernama "Preview Episode".

Line Webtoon

Preview episode ini memungkinan kamu untuk membaca episode terbaru dari serial tertentu lebih awal dari tanggal rilis biasanya. Biasanya ada dua atau lima preview episode yang tersedia. Yah tergantung dari seberapa banyak episode yang sudah diunggah di sumber aslinya dan mungkin seberapa gercepnya si penerjemah dalam mengerjakan tugasnya (mungkin, ya!).

Eitsss, untuk mengakses preview episode ini, ada beberapa syarat gaiss. Pertama, kamu harus mengakses layanan menggunakan smartphone dengan menginstall aplikasi Line Webtoon. Kedua, kamu harus bikin akun dulu atau kalau sudah punya akun Line, login aja pakai akun Line itu. Ketiga, harus membeli koin, karena layanan preview episode ini tidak gratis.

Koin ini digunakan untuk membeli preview episode yang tersedia. Ada perbedaan jumlah koin yang harus digunakan untuk membeli komik dari penulis lokal dengan komik penulis luar. Biasanya koin yang harus digunakan untuk komik lokal adalah 10, sedangkan untuk komik luar adalah 12 koin. Saya akan membuat postingan terpisah bagaimana cara membeli koin ini.

 Layanan lain yang tersedia di Line Webtoon

Selain untuk membaca komik digital, kamu bisa menerbitkan komik ciptaanmu di Line Webtoon loh. Jadi yang suka bikin komik, tinggal unggah aja komikmu dan komik itu bisa diakses di area Canvas. Sebisanya sih ceritanya menarik yaa jadi potensi komikmu bertengger nomor satu di chart populer dan menjadi terkenal sangat besar dan peluang kamu untuk menghasilkan uang juga besar.

Line Webtoon

Menghasilkan uang dari membuat webtoon? Yes, you can make money from it. Ada layanan dari mereka yang bisa kamu pakai untuk menghasilkan uang dari komik yang diunggah. Mereka kan pakai iklan, jadi kalau kamu mau, iklan tersebut bisa muncul di halaman komik kamu dan hasil perolehan iklan yang di klik dari halaman tersebut bisa masuk kantong, tapi nggak 100% lah, bagi hasil sama Line Webtoon dongss.

Jika kamu berminat, kamu bisa baca persyaratannya lebih lanjut disitus resmi Line Webtoon atau klik disini (yang ini pakai bahasa Inggris). Saya nggak bisa menjabarkan lebih lanjut karena saya juga nggak pernah menggunakan layanan publish ini ;p

Line Webtoon

Layanan lainnya adalah Fan Translation. Fan Translation memungkinkan kamu untuk menerjemahkan komik favorit kedalam bahasa lain. Jika kamu membuka section Fan Translation, maka kamu akan menemukan terjemahan komik dalam berbagai macam bahasa. Sama seperti cara mengunggah komik, saya juga tidak pernah menggunakan layanan ini jadi saya tidak bisa menjelaskan lebih detail.

Masih banyak website lain yang menyediakan webtoon gratis dan ada yang lebih update, mengikuti jadwal dari sumber aslinya, tetapi kebanyakan itu adalah fans atau group translations dan itu hal yang ilegal loh. Bahkan seperti yang saya baca di awal episode sebuah komik, nge-screenshot aja nggak dibolehin. Ehhh, tapi kalau sekedar screenshot dari aplikasinya sendiri (kayak dipostingan ini), mungkin gak papa, mungkin eheheheheh :)

Cheese in the Trap

Setelah saya mengenal webtoon, saya jadi ketagihan bahkan sampai beli koin demi membaca webtoon favorit. Tangan saya aja sampai tremor loh, kelamaan pegang hape, karena ngebaca Cheese in the Trap. Cheese in the Trap kan sudah tamat jadi kalau nggak baca sampai akhir itu rasanya ada yang begejolak dihati ini wkwkwkwk. CITT ini tuh kayak webtoon lejen yang wajib dibaca gitu dan memang ceritanya bagus bgtsss.

Sepertinya untuk postingan kedepan masih tentang Line Webtoon deh. Ntar mau cerita webtoon-webtoon yang saya baca ah. Tapi pastinya saya akan posting bagaimana cara beli koin webtoon. Sudah banyak sih yang posting tentang ini, tapi gak papa dongsss saya mau nambahin aja heheh. See you yaa, bye bye!

Binnalette
Binnalette in wonderland, made with